NEUROMA AKUSTIK


Neuroma akustik adalah tumor jinak yang tumbuh dari selubung saraf akustikus. Dapat tumbuh pada saraf keluar dari pons,sepanjang perjalanan saraf di fosa kranialis posterior atau di dalam liang telinga dalam. Tumor tumbuh sangat lamban yang dapat mengenai sarafakutikus, saraf fasialis, dan kemudian mengenai ungulus serebelopotin.
Satu telinga penderita semakin lama semakin tuli. Kaki dirasakan tidak stabil lagi, tetapi jarang menderita serangan vertigo yang hebat. Pada kasus yang lanjut dirasakan gejala peningkatan tekanan intra kanial, misalnya sakit kepala dan muntah muntah.
Pengobatan tergantung bentuk dan letak tumor. Tumor yang besar di angulus serebelopontin diangkat oleh ahli bedah saraf. Angka kematian operasi ini biasanya masih tinggi. Pengangkatan tumor secara total dapat mengakibatkan komplikasi kelumpuhan saraf fisialis. Tumor kecil yang tumbuh dalam liang telinga dalam bisa diambil dengan operasi melalui mastoid dan masuk le dalam liang telinga dalam dengan mengangkat kanalis semisirkularis.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis disini..!!!

 

© Copyright The Meaning of Life . All Rights Reserved.

Designed by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine

Blogger Template created by Deluxe Templates