Memuat...

Tingkatkan Daya Ingat dengan Jalan-jalan

Berjalan di Alam Terbuka, Tingkatkan Daya Ingat

LONDON-- Jika Anda terbiasa dengan kegiatan di alam bebas untuk berlibur dan melakukan aktivitas seperti berjalan, pilihan tersebut sangat baik terutama untuk otak Anda.

Para peneliti menunjukkan interaksi dengan alam, bahkan ditengah udara dingin dapat meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi.

Nyatanya, hanya satu jam berjalan di sekitar pedesaan dapat meningkatkan kemampuan otak sekitar 1/5 kali.

Sebaliknya, berjalan di sekitar jalan yang sibuk, mungkin tempat belanja karena adanya diskon tidak memiliki efek terhadap otak sama sekali.

Para peneliti kemudian melanjutkan penelitian itu di University of Michigan. Satu kelompok diminta untuk berjalan selam 50 menit di jalan raya yang disekitar perkantoran yang sibuk, sementara kelompok lainnya diminta berjalan di daerah yang terpencil dengan rute dipenuhi pepohonan.

Kemudian, para sukarelawan diminta untuk melakukan beberapa tes dan membandingkannya dengan hasil sebelum berjalan. Hasil menunjukkan, kelompok yang mengambil rute alam, kemampuan daya ingat jangka pendek bisa meningkat hingga 20%. Sementara itu, kelompok yang berjalan di tengah jalan raya di kota tidak menunjukkan perubahan.

Diperkirakan berjalan di kawasan pedesaan bersifat restoratif karena memungkinkan orang untuk "mengistirahatkan" otak, sementara berjalan di kota membutuhkan perhatian.

Marc Berman, seorang peneliti dari University of Michigan mengatakan, berjalan di alam pedesaan dapat membantu menyembuhkan kelelahan mental.

"Saya sangat merekomendasikan pergi beberapa saat untuk berliibur di kawasan pedesaan atau berjalan di sekitar taman di kota," ujarnya.

Penelitian telah membuktikan, hal itu tidak bersifat subjektif. Efek yang dihasilkan terhadap daya ingat dan perhatian memang benar.

Para peneliti mempublikasikan hasil tersebut pada journal Psychological Science, yang juga menemukan peninkaan terhadap memori dan perhatian juga meningkat sesaat setelah melihat gambar dari alam dibandingkan area gedung kantor.

"Interaksi dengan alam dapat menghasilkan efek yang hampir serupa dengan meditasi. Anda tidak akan mendengar orang berkata, "Saya sangat bosan melihat air terjun yang indah". Alam tidak menuntut apapun dari Anda," terangnya. (telegraph.co.uk/ri)

1 komentar:

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

Berkunjung salam,..
Sukses

Poskan Komentar

Tulis disini..!!!

 

© Copyright The Meaning of Life . All Rights Reserved.

Designed by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine

Blogger Template created by Deluxe Templates